Bismillah..
#sharingtime#educationtime
Baru belajar desain , belajar lagi sampe mahir ❎️
Baru belajar desain , langsung buka jasa desain ✅️
Hasilnya ya ..
Bertebaranlah jasa desain dengan tarif murah(an) "ga ngotak" dengan alasan "lumayan buat nambah- nambah portfolio" , dibayar semuanya gak apa-apa , dibayar seikhlasnya bahkan tak jarang mau aja ngasih gratisan..
Giliran mentok ngeluhlah kayak gini....
"Aduh gue ditipu klien nih.. padahal udah dikerjain desainnya.."
"Kliennya kabur.."
"Kliennya ga mau bayar.."
"Ga tau harganya berapa"
"Sistemnya gimana ya kalo dapet klien kayak ginian?"
Bla..bla..bla..
Semua hal di atas siklus yg terjadi di Jasa desain.
Kalo kamu itu baru belajar desain seharusnya belajar seengakanya secara umum bisa menguasai... jangan konyol mau langsung buka jasa desain.
Sebagaimana sebelumnya sudah sering saya sampaikan.
Jasa desain ini udah ke ranah tanggung jawab.
Antara kamu dan klien. Bukan kamu, netijen dan klien.
Jadi kalo ada apa apa "selesaikan sendiri! , dan cara nyelesainnya ya butuh ilmu, maka belajar dulu gimana sih cara nentuin harga, gimana sih cara ngehadepin klien , komunikasinya dan lain-lain.
Itu hal yang paling mendasar yang harus dipegang ya kita juga bisa maklumi kalo memang udah berani buka jasa desain bisa sekaligus tanggung jawab juga dan bisa cepat belajar. Ada pastinya yang kayak gitu tapi hanya sebagian kecil saja.
Kebanyakan sekarang pada nekat, hasil desain kadang ga seberapa berkualitas secara umum. Malah udah berani dan PD buka jasa desain!
"KAN ADA PASARNYA BANG?"
Eits, liat dulu pasarnya dimana dan rata-rata desainer disana sepertia apa dari sisi kualitas, harga dan profesionalitasnya ? Sama gak nih kayak kapasitas kita?
Kalo masih di bawah dari umumnya ya cari pasar lain ATAU upgrade dirimu dulu. Jangan malah nyeleneh dan mengeyel 😄 dan paling banyak dijumpai dengan berlindung dibalik kalimat ini "biarin aja suka suka gue! Kan sebaik-baiknya desain tetap aja ada yang suka"
Halo...Halo. .
Kalo udah 9,5 dari 10 orang yang bilang kalo desainmu itu jelek mbokya sadar diri toh ..berarti emang jelek dan belum layak jual kan gitu.
Paling yang bilang desainmu bagus itu cuma sisa setengah orang itupun jatuhnya setengah hati hanya karena mau menghargai😄
Tapi kok ada yang bilang "GAK ADA DESAIN YANG JELEK!"
Lah KAMU BISA NILAI DESAIN BAGUS ITU DARI MANA?
Tapi yang namanya penilaian tetaplah dianggap sebagai penilaian kalo yang menilai itu emang yang Menguasai di bidangnya. Maka itu seharusnya kita terima sebagai perbaikan bukan malah abai.
Gak bakal maju maju dan berkembang kalo kita ngeblok diri dari perbaikan. Beda hal kalo emang kamu punya kapasitas ya mungkin bisa berargumen satu sama lain.
Tapi Nyatanya saja ngehadepin klien aja masih bingung tapi udah buka jasa desain.😩 Kelakuan kelakuan.
Alhamdulillah betapa entengnya saya posting kayak gini..
Karena sepengalaman saya awal belajar gak instan, semua berproses dan tentu ada error juga, saya kalo dulu ga mau nerima kritikan dari yang sudah senior gak bakal berkembang sampe saat ini skill saya. Jadi sangat salah kalo ada yang menganggap saya anti kritik!
Saya justru lebih selektif dalam mengolah setiap kritikan yang datang agar tidak menjadi beban pikiran dan penghambat untuk maju. Ambil yang ada manfaatnya saja.
Jadi solusi sekaligus himbauan dari postingan ini adalah..
Kalo buka jasa desain maka harus tanggung jawab, harus amanah karena kalian berurusan dengan kepercayaan orang lain berkaitan biaya, waktu dan hal lainnya yang mereka pertimbangkan untuk kalian sebagai desainer.
Kalau belum siap tanggung jawab dengan orang lain setidaknya tanggung jawablah dengan diri sendiri dulu.
Jadi intinya tanggung jawab, mau skill desain kalian masih pas pasan sekalipun itu ada resikonya semua.
Butuh waktu untuk biji tumbuh menjadi batang yang kuat sehingga berdaun dan berbuah.
Semoga bermanfaat. Maaf jika ada bahasa yang kurang berkenan.
Barakallahu fiik.
0 comments:
Posting Komentar