Senin, 07 November 2022

GAK BERANI MINTA BAYARAN!



Bismillah..

#sharingtime #educationtime


"Tolong viralkan... klien saya kabur ga mau bayar... , padahal udah saya kasih harga desain logonya 20k aja setelah jadi gak mau bayar., nomor saya diblok, akun saya diblok....bla..bla..bla...."

Cuplikan di atas saya rangkum dari banyaknya keluhan di komunitas desainer terutama para pemain baru yang ternyata selama ini abai dengan banyaknya kejadian serupa, ya akhirnya mereka pun rasakan juga. Syukurlah! hal konyol semacam ini dapat kalian rasakan akibat kelalaian kalian sendiri.

KENAPA LALAI?, ya karena kalian mengabaikan nasehat dari yang sudah pernah mengalami kejadian "Klien Kabur, Ga mau Bayar setelah desainnya jadi!" , dan setelah diselusuri ternyata desainernya "Baik Hati (*Gak Berani Minta Bayaran) baik itu di awal ataupun pelunasan. Kayaknya ini bukan soal gak enakan deh tapi emang kamunya tidak tegas dalam menerapkan sistem pre-ordernya kepada klien kamu.

Ada yang buka jasa desain grafis disini?
Sangat banyak malah, dengan atau tanpa skill yang mumpuni juga sudah "berani" buka jasa desain dengan alasan coba-coba atau iseng, ya seharusnya gak perlu heran ya kalau pemasukannya atau dapat klien yang sekedar coba-coba atau iseng juga dong. Kaliannya gak serius sih!

Gimana coba mau dihargai oleh orang lain, sedangkan buka jasa desain saja masih sebatas iseng? , giliran kena masalah seperti klien gak mau bayar, merasa dirinya jadi "korban" padahal dari awal emang udah gak bener sistemnya.

Kamu dalam hal ini Salah! Kenapa sih mesti buat keluhan di komunitas sedangkan ini kesalahan kamu sendiri? , mau gak mau ya ikhlasin aja klien kalian yang gak mau bayar tadi dan berbenahlah kalian. Dan kesalahan lainnya adalah latah atau terlalu buru-buru menyebarkan Nomor HP atau Identitas lain dari kliennya ke sosmed/komunitas tujuannya "biar dibantu" , padahal itu privasi orang lain loh, kok main sebar aja? Malu lah!

Oke to the point aja!
SEGERA PERBAIKI SISTEM PRE-ORDER KALIAN! . Jadi apa saja yang harus disiapkan?

  1. Tentukan "bahasa komunikasi" kalian secara tertulis maupun lisan, minimal kalian sudah punya format komunikasi yang seperti apa jika klien datang. Komunikasi yang saya maksud adalah Mulai dari pertanyaan awal terkait identitas klien, keperluan klien, brief konsep desain yang mereka butuhkan secara detail seperti apa sampai dengan pengajuan penawaran atau closing.

  2. Kalian harus punya standar harga sendiri mulai dari harga personal, bisnis baru (start up), Usaha kecil sampai dengan skala yang besar , minimal masing-masing dari itu kalian sudah punya standar harga paling rendah berapa, ini tujuannya untuk pengajuan penawaran dan negosiasi. Kalo kalian gak punya standar harga desain sendiri kalian gak bakal bisa dihargai lebih oleh klien kalian.

  3. Mana hasil karya desain kalian? , mana portfolio dari desain-desain terbaik kalian? , Saatnya "Pamerkan" kepada calon klien kalian masing-masing, buatlah mereka tertarik dengan desain yang kalian tawarkan, buatlah mereka yakin!

  4. Sistem pengajuan harga dan batasan yang jelas kepada pihak klien, misal kalian ajukan harga 1 juta untuk desain logo, apabila ditawar jadi 600 ribu jika itu masih masuk standar hargamu maka terimalah, berikan ketentuan yang jelas seperti Minimal pembayaran di awal 50% dari total harga kesepakatan atau boleh juga pembayaran full di awal, dengan batasan revisi 5x dan estimasi pengerjaan sekitar sekian hari. Kalian harus buat ini secara tertulis agar dapat calon klien baca.

  5. Berani, tegas dan profesional apabila kita sudah mengajukan kesepakatan namun klien tidak merasa cocok , dan kita juga jangan merasa "tidak enakan" kalau ada hal yang tidak sesuai diluar kesepakatan. Jangan cengeng hanya karena klien tidak jadi order! lepaskan saja, bakal ada gantinya kok percaya deh!

Baiklah saya rasa itu saja sebagai bentuk edukasi dan himbauan dari beberapa pengalaman terkait, semoga dapat diambil pelajaran dan bagi para desainer apalagi dalam hal ini bergerak di bidang jasa desain grafis harus bener-bener belajar bagaimana cara menawarkan sampai dengan cara serah terima data final kepada pihak klien. Jangan cuma bisa desain aja, tapi secara komunikasi ancur-ancuran ya bakalan rugi kalian sedangkan persaingan semakin ramai, kalau kalian masih gitu gitu aja, ya gak bakal ada perubahan.


Terima kasih dan semoga bermanfaat
Barakallahu fiikum.

0 comments:

Posting Komentar