Rabu, 06 Oktober 2021

ORDERAN MASUK! HARUS NGAPAIN?

Photo : Andrew Neel | unsplash.com

Bismillah...

#Sharingtime #Educationtiem #Sesidesainer

PRE ORDER (CARA MENERIMA ORDERAN JASA DESAIN)

Saya akan membahas 2 Topik dari Sisi Desainer & Klien / Kostumer.

Sesi pertama ini akan kita bahas dari sisi Desainer.

----------------------------

Ada yang masih bingung cara menerima Orderan dari Klien?

Dan ini juga insyaAllah bakal jadi solusi untuk kita semua, yang sering mengalami kejadian :

- Klien Kabur.

- Klien ga mau bayar walau udah selesai.

- Revisi tanpa batas dan semaunya dst.

Mari disimak ini berdasarkan pengalaman pribadi dan saya jalani sendiri ya.

Sistem menjalankan Pre-Order - Serah Terima Desain :

1. Lakukan pendataan terlebih dahulu terhadap klien.

Ini penting! : ini akan jadi data kalian untuk sebagai tolak ukur perkembangan jasa desain kalian. yang umum saja seperti nama, asal daerah dan semisalnya. buat pendataan dengan rapih.

2. Tawarkan Desain seperti apa yang ia mau.

Ini penting! : Briefing itu harus jelas dan tanyakan sedetail mungkin ini bertujuan ada meminimalisir pengerjaan yang terlalu lama atau banyak revisi bahkan merombak ulang. kuncinya Gali & Riset klienmu!.

3. Buka Penawaran Harga

Ini Penting! : Setelah mendapatkan keterangan yang klien kita mau baik sisi konsepnya dan model desainnya. maka kita taksir harga yang cocok untuk ditawarkan ke klien. ini harus bisa matang dan kita harus riset sebelumnya terkait harga pasaran logo dengan berbagai jenisnya. serta diikutkan denga faktor lainnya ada yang menggunakan persentase operasional, harga kerja per jam (termasuk rentang waktu total pengerjaan) dan semisalnya. maka untuk ngasih harga bukan asal-asalan saja dan terkesan sepele. apalagi sering dijumpai ada yang mau dibayar seikhlasnya dan gratis. *itu beda kasusnya.

Inget! Harga ini bersifat isu dan bisa dinegosiasikan karena tidak ada standar baku untuk harga desain secara utuh, kecuali mengambil rate harga dari pasar desain yang Normal.

4. Membuat Standarisasi Penerimaan Order / Syarat & Ketentuan / Proposal.

Ini Penting! : Ini bisa saya sebut inti dari pre-order karena disini disamping kita harus mencantumkan penawaran harga , kita juga mencantumkan secara detail terkait desain yang akan kita kerjakan. baik itu dari Penentuan Estimasi pengerjaan, Batasan, Revisi & Redesign, penawaran TEGAS! yakni menawarkan klien untuk melakukan pembayaran di awal secara Full atau DP (sebagian) terlebih dahulu (Jika ia Deal dengan harga tersebut jika tidak mau tidak usah kerjakan.).

5. Pengerjaan Desain

Ini Penting! : Jadi Desainer harus amanah ya! , jangan pas udah dibayar kitanya malah kabur atau sengaja dilama-lamain pengerjaaanya, ya kita harus berusaha profesional dala hal ini.

Adapun pengerjaan di awal yang sering saya lakukan terutama mengerjakan Desain Logo adalah dengan membuat sketsa terlebih dahulu dan bagi saya Sketsa itu penting dan tujuannya mematangkan konsep kita dan jadi acuan desain kita sebelum divisualisasikan ke software desain. Ini metode saya juga untuk mengantisipasi pengerjaan revisi terlalu banya bahkan merombak ulang.

Laporkan progres pengerjaan Desain setiap menemukan bentuk-bentuk atau model yang diminati oleh klien sebelumnya. jangan buat mereka menunggu tanpa kesan apa-apa. bilamana ada keterlambatan atau kendala lain maka segera infokan kepada klien .

6. Menyiapkan File Serah Terima Desain.

Ini Penting! : Penyerahan hasil desain yang sudah disepakati oleh klien yakni berupa Soft file maupun Hardcopy. File tersebut bisa berupa PNG,JPG/JPEG,PDF, SVG,CDR,AI, PSD dan semisalnya. File-file tersebut usahakan berfungsi dan bisa langsung diaplikasikan ke media untuk dicetak atau dapat diedit/editable. *disatu sisi boleh ditanyakan terlebih dahulu keperluan klienya file apa aja, dan itu juga bisa jadi bahan pertimbangan untuk kita menentukan harga.

*Tambahan lain, biasanya saya membuatkan Sertifikat khusus serah terima kepada klien saya dan ini bersifat personal saja tidak ada kaitannya dengan lisensi terdaftar. ini hanya penguat data kita saja sebagai pernyataan originalitas karya desain kita kepada klien dan disertai lampiran desain yang telah jadi.

Di satu sisi ini sebagai bentuk menghargai klien membangun kepercayaan dan wujud profesionalitas kita dalam jasa desain grafis.

Sebelum penyerahan File , kita harus pastikan dulu bahwa klien sudah melunasi pembayarannya ya. jangan main kasih-kasih aja.

---------------

Baik mungkn ini saja yang dapat saya sampaikan terkait hal-hal dalam Menerima Orderan sampai Serah Terima Desain kepada Klien.

Jadi Jangan Bingung Lagi ya secara umum sudah kami paparkan disini, namun tidak secara detail karena ada beberapa bagian yang sifatnya privasi. jadi harap dimaklumi.

Semoga Bermanfaat ya dan bisa diaplikasikan kepada bisnis kita kedepannya agar lebih tertata dan profesional.

Nah... Satu Hal Penting yang Harus Wajib Kudu dipegang oleh Desainer yang membuka Jasa Desain Grafis. Yakni KOMUNIKASI YANG BAIK (ATTITUDE).

Semoga Bermanfaat

0 comments:

Posting Komentar