Kamis, 28 Juli 2022

JUAL DESAIN LAKU GA SIH?

 



Bismillah..

#sharingtime #educationtime


Buahnya Berduri Rasanya legit

Tidak dipetik tapi ditunggu jatuh

*Cakepp! *eh bukan lagi pantun bro haha

Yap buah Durian!


Menarik untuk dibahas! 

Duriannya kita simpen dulu ya, nanti abis!😂, kita mau bahas desain-desainan dulu nih.

Baiklah... ada lumayan banyak pertanyaan terkait : 

"Jual Desain emang laku ya? "

"Laku gimana, emang apanya yang mau dijual?"


Maka berkaitan dengan ini juga apa sih yang membuat sebuah desain itu bisa laku terjual..?

Pasar, pasti tau dong! yap tempat dimana bertemunya antara penjual dan pembeli, dalam hal ini transaksi jual beli baik itu berupa bahan pangan dan lainnya. Begitu juga pada dunia desain , pasar digital merupakan tempat bertemunya antara kang desain & kang pembeli/klien.

Pasar digital yang dimaksud ialah Komunitas/Grup jual beli, Komunitas Desain, Komunitas umum, Microstock, Marketplace dan semisalnya.

Dalam hal ini secara umum pasar digital akan dimanfaatkan secara langsung bagi kita kang desainer untuk mempromosikan hasil karya desain kita, baik itu berupa Karya digital (berupa Jasa desain atau penyedia desain Template/Elemen) maupun yang sudah dalam bentuk jadi baik itu dicetak, dilukis, diukir dan semisalnya.

Lantas apa sih yang membuatnya laku? , kembali kepada prinsip dasarnya menjual yakni untuk memenuhi kebutuhan konsumen/klien, mereka beli karena butuh. Maka secara khusus seorang desainer grafis tentunya akan dilirik oleh calon klien karena memang mereka butuh baik itu jasa ataupun membeli desainnya. 

Jadi perihal Laku tidak Lakunya sebuah "dagangan" itu berkaitan dengan tersediakah kebutuhan bagi para pelanggan kita nantinya. Dan dalam hal ini tentunya harus jadi perhatian khusus oleh kang desainer untuk lebih jeli dalam melihat kebutuhan si calon pelanggannya. caranya dengan mempromosikan, pinta berkomunikasi & melobi dengan menunjukkan karya-karyanya maka pihak klien bakal mempertimbangkan juga untuk membeli atau order jasa desain kita.

Jika itu layak dan sesuai bagi kebutuhan mereka, maka akan "dibeli", jadi jangan berkecil hati jika mungkin hari ini "daganganmu" tidak laku, yang penting Yakin Tawakkal kepada Allah dan sadari penyebab kenapa tidak laku tersebut sebagai bentuk ikhtiarnya ya adakan evaluasi dan segera improvisasi "Plan B". Ini hanya perihal mereka belum butuh aja kok. percaya deh namanya sesuatu itu dijual pasti laku, gimana caranya ya harus dikasih tahu , bisa itu dengan mempromosikan/iklankan, dipajang dan semisalnya.

Liat kan Buah Durian tadi, dia punya kekhasan tersendiri, daging buahnya manis walau kulitnya dipenuhi duri bahkan peminatnya rela nungguin sampe musim selanjutnya. Namun dengan banyaknya inovasi di zaman sekarang, agar tetap bisa makan durian maka dijadikanlah berupa olahan makanan yang bisa dikonsumsi kapankun tanpa harus nunggu musimnya.

Laku kan? laku dong walau ada sebagian orang yang ga suka dengan baunya juga, berarti mereka bukan konsumennya. tapi tetap ada peminatnya begitu juga dengan buah lainnya.

Maka ambil hikmahnya ya, Jadi desainer ya harus punya ciri khas tujuannya untuk menarik pelanggan! kalo plan A ga berhasil...

Bro.... itu abjad sampe Z , kalo kurang pake A kecil jadi Aa mau sampe ribuan juga bisa, intinya jangan kehabisan ide ya.. kita harus peka dengan peluang-peluang yang ada di hadapan kita, liat apa yang jadi kebutuhan calon klien kita, maka sediakan lalu tawarkan itu.


Baiklah itu aja sih pesan durian tadi..

Duriannya udah kita makan sama-sama, tinggal bayar ke Atuk Dalang ya! :v


Semangat Para Desainer & Microstoker para pejuang nafkah!

Semoga Allah mudahkan segala urusan kita semua.


2 komentar: