Bismillah..
#sharingtime #educationtime
Mendengar istilah "Content Creator", seperti udah ga terlalu asing ya di kalangan penggiat sosmed sama hal nya bagi para pelaku usaha yang mana sebagai ajang promosi untuk bisnisnya dan itu juga tentunya sangat familiar di kalangan Desainer negeri ini.
Content Creator atau Pembuat Konten adalah orang-orang yang memanfaatkan kemampuannya atau keahliannya terhadap sebuah ilmu yang mereka kuasai lalu dibuatkan sebuah konten /tayangan/tontonan/Karya Tulis (berupa visual & tulisan) yang secara umum bersifat Informatif & Eduatif.
Kenapa sih perlu membuat konten dan apa dampaknya bagi bisnis kita?
Yuk, Langsung saja ya kita bahas, bagi si pemilik usaha/bisnis konten adalah elemen utama dalam mempromosikan usahanya, sederhana saja : "Bagaimana orang bakal tau kita jualan kalau kita tidak mengiklankan/promosi?"
Bisa dipahami kan? , maka dari itulah seorang pebisnis apalagi dalam hal ini seorang desainer yang tak lepas dari "Visual Identity" sejatinya sudah memikirkan hal ini untuk membuat usahanya akan lebih banyak dikenal orang, bukan hanya sekedar terkenal saja tapi lebih kepada kebermanfaatannya bagi setiap orang.
Lantas apakah seorang pembuat konten haruslah orang yang ahli?
Jawabannya bisa iya, bisa juga tidak juga, kenapa demikian?
Yap! karena keahlian setiap orang itu ada takarannya masing-masing, sederhananya saja kita bisa membuat logo dan kita seorang desainer logo masa iya sih kita ga bisa jelasin apa yang kita buat, minimal cerita dibalik logo-logo yang pernah kita buat deh kan semua melalui prosedur bukan ga tiba-tiba jadi gitu aja. Nah, maka dari itu ceritain aja, ga perlu terlalu pikirin buat yang formal-formal dan terstruktur rapih banget deh kalau di awal membuat konten, yang penting kita cerita jujur aja apa adanya mana yang kita kuasai maka sampaikan.
MULAILAH BERBAGI ILMU!
Di awal membuat konten ga harus bisa copywriting atau nulis bahkan bercerita yang muluk-muluk deh, seenggaknya ceritakan prosesnya dan cara membuatnya bagaimana sehingga dapat diterima oleh audiens.
Lambat laun dengan seringnya membuat konten berinterkasi dengan audiens nantinya kita akan terarah lagi untuk membuat yang lebih baru dan rapih serta bisa me-riset lebih banyak refrensi untuk dijadikan bahan konten, menentuan target audiens dan juga bisa jadi ajang untu promosi usaha sendiri (branding) dan ini pengalaman MAHAL yang ga bisa kita proleh kalau ga kita coba dulu.
Maka setelah konten-konten yang kita buat akan menjadi bahan evaluasi nantinya sejak adanya kritik dan saran dari audiens sehingga akan memacu kita untuk berbuat lebih baik lagi...
Ga kebayang kan bisa dapat manfaat sebanyak itu??
Jadi masih mau gini-gini aja, ga tergerak gitu untuk membangun komunitas desainer indonesia biar lebih pinter lagi, memberikan manfaat dan motivasi berharga bagi yang baru belajar / pemula.
InsyaAllah, Berbagi konten yang bermanfaat juga termasuk membuka jalan kemudahan untuk orang lain dan itu akan berbuah pahala bagi kita kan nantinya, tuh manfaatnya lebih banyak lagi..
Ayolah...
mulai dengan hal-hal yang kecil yang bisa kita kisahkan kedalam sebuah konten kreatif seorang desainer, proses belajar adalah hal yang sangat banyak untuk kita ceritakan menjadi kisah inspiratif untuk kehidupan desainer atau audiens secara umum.
Semangat Para Desainer Grafis Indonesia.
Semoga Allah Mudahkan segala urusan kita semua.
Barakallahu Fiikum.
0 comments:
Posting Komentar