Jumat, 01 Oktober 2021

LOGO SIMPEL DIANGGAP MURAHAN?


Bismillah...

#Sharingtime #Educationtime

Tentang Logo Simpel yang kadang dikira Murahan.

Mungkin sebagian teman2 yang membuka jasa desain Logo atau desain pada umumnya sering menjumpai kala Klien order ;

"Kak, tolong dong bikinin Logo yang simpel-simpel aja ya.. , trus jangan mahal-mahal..."

Sontak.." Ya Allah.. ini orang kok ngatur-ngatur desainer ya, belum jg dikasih harga , belum jg diskusi konsep...? "

Apakah harus kita cancel? Your choice.. hehe

Kalau saya pribadi mencoba bersabar dan diskusi terlebih dahulu terkait konsep dsb.. karena jelas harga saya tentuin dari sana nantinya.

Logo simpel itu apa sih? Kok begitu murah imagenya ya?

Inget ya karena logo merupakan identitas dan paling utama dilihat sebagai merk dri si pemiliknya.. otomatis pemikiran orang-orang pun tertuju pada yang ia lihat.

"Ah masa perusahaan ini logonya cuma gitu doang sampe milyaran? logo ginian mah saya juga bisa bikinnya..." 

Iya.. dia bilang begitu karena dia udah melihatnya sudah jadi. Padahal dibalik logo tersebut banyak banget pemikiran, ide-ide, imajinasi, pengalaman, waktu, biaya yang sudah ditumpahkan. Org awam mana paham yg ginian, maka kita edukasilah mereka.

Baik kita lanjut...

Maka setelah klien dan desainer sudah jelas perihal konsep lalu yg saya lakukan adalah membuat penawaran terlebih dahulu dan syarat ketentuan terkait revisi, redesain, serah terima dsb.. agar sama-sama tidak ada yang merasa dirugikan kedepannya. Semoga juga bisa langganan ke desain yg lain.. 

Tapi tetap penekanan akhir sebelum kalian mengerjakan logo tersebut adalah Kalian harus punya standar harga desain dulu. Agar bilamana ada negosiasi tidak lah sampai turun terlalu jauh .

Sistem saya pribadi saya tidak akan pernah lagi mengerjakan Orderan sebelum klien benar-benar jelas tentang desain yang ia mau dan sudah membayar minimal Dp 50% terlebih dahulu (ini juga kan untuk operasional kita nantinya) terlebih lagi banyak sering terjadi penipuan-penipuan loh.. ada klien yang kabur sekalipun kita kasih watermark mah ga mempan,.. namanya penipuan mah bakal lebih licik kok. 


Maka antisipasi diri aja ya, dan jangan pernah serahkan file asli sebelum semua pembayaran lunas ya..** itu menurut saya 

Terus gimana kalo Desainernya yang kabur? 

Saya tekankan kepada yang ingin jadi desainer, Amanahlah dan Tanggung jawablah dengan yang kalian kerjakan. Jaga nama baik desainer grafis.

Sungguh disayangkan terkadang yg simpel dianggap remeh dan murahan .. karena faktor dari beberapa oknum desainer jg.. yang kadang masih Pemula yg belum terlalu menguasai sistemasi pembuatan logo, Aturan main dan marketing dsb. Tapi udah berani-berani buka jasa desain. 

Saya tekankan lebih baik belajarlah dulu sampai bisa menguasai. Jangan keburu nafsu dengan hanya uang yang kecil tapi kalian sendiri belum mampu dan kadang nyusahin diri sendiri. Hasilnya pun ga maksimal.. selain nama kalian rusak kalian tidak akan punya harga jual lagi (maksudnya harga yang lebih tinggi).

Kembali lagi semua ada pasarnya, ada seleranya , dan pasti desain kalian ada peminatnya.

Yang saya tekankan disini adalah mengajak kepada hal yang lebih baik dan bisa lebih bernilai sedangkan kalian berpotensi.... ketimbang hanya sekedar yang katanya "gak apa-apa saya ikhlas kok" tapi nyusahin diri sendiri dan ngedumel di belakang..

Jangan begitu dong kawan.. hargai karyamu sehingga orang lain akan menghargaimu juga.

Yuk perbanyak refrensi terkait ini

Harga lokalan desain berapa sih...? 

Harga Internasional berapan sih...?

Desain yang dikatakan layak itu seperti apa sih?

JADILAH KREATOR BUKAN PLAGIATOR..!

Semoga bermanfaat.
Barakallahu fiikum

6 komentar:

  1. Makasih sharingnyabmas, #Titip sendal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima Kasih kak atas supportnya, nantikan konten kami berikutnya
      semoga bermanfaat

      Hapus
  2. Selalu bermanfaat... Sukses terus bang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima Kasih kak atas supportnya, nantikan konten kami berikutnya
      semoga bermanfaat

      Hapus
  3. keren mas... lanjutkan :D
    kalo dah banyak pengalaman emang banyak yang bisa diceritain hehehe...
    Mungkin setiap deainer pernah ngerasain kliennya kabur yak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima Kasih kak atas supportnya, nantikan konten kami berikutnya
      semoga bermanfaat

      Hapus