Bismillah..
#Sharingtime #Educationtime
Lumayan pelik urusan yang satu ini kalau sudah dihadapan kita ya selaku desainer .....
karena "Gak Enakan" kita jadi mau ga mau asal terima saja orderan walau ga sejalan dengan prinsip kita..
karena "Gak Enakan" kita jadinya serba bimbang , mau nolak ga enak karena orang deket dan semisalnya...
Walau rasa "Gak Enakan" ini Lingkupnya kecil tapi efeknya Besar.
STOP..!
KETAHUILAH...!
KETAHUILAH...!
Ini berawal dari kekhawatiran pada diri kita saja, sebab kita tidak tegas dan bersikap profesional atau bijak dalam menerapkan sistem pre-order pada Bisnis kita.
Hanya karena yang order adalah Temen... "Gak Enak ngasih mahal-mahal (harga standar)..."
Hanya karena yang order adalah keluarga.... " Gak Enak kalo diminta bayaran..."
Hanya karena yang order "mohon-mohon" ...."Gak Enak kalo diminta harga yang sesuai...."
Sering kan ya kejadian semacam ini?
Santai aja kok, kita senasib ...

Tapi ada alternatif yang mungkin bisa kalian coba terapkan jika ketemu hal ini lagi ya..
1. Sering-sering Posting hal berkaitan dengan Desain dan Harga Standar
Semisal bisa dikasih contoh pas udah nerima orderan nih tulis aja harga sekian dan sekian, selipkan juga bahasa "sindiran" semisal "Logo ini saya buat dengan konsep ini dan itu, kenapa hargaya segitu karena ini dan itu....."yang pada intinya "Informasi Harga yang sifatnya umum tapi tepat sasaran" #Pahamlah
Semisal bisa dikasih contoh pas udah nerima orderan nih tulis aja harga sekian dan sekian, selipkan juga bahasa "sindiran" semisal "Logo ini saya buat dengan konsep ini dan itu, kenapa hargaya segitu karena ini dan itu....."yang pada intinya "Informasi Harga yang sifatnya umum tapi tepat sasaran" #Pahamlah


2. Buat standar khusus untuk mereka yang membuat kalian "Gak Enakan"
Berkaitan Harga "Gak Enakan" ini standarnya harus kalian hitung betul -betul dan proyeksi semisal dinego juga jatuhnya berapa mau kasih harga.
Berkaitan Harga "Gak Enakan" ini standarnya harus kalian hitung betul -betul dan proyeksi semisal dinego juga jatuhnya berapa mau kasih harga.
Contoh: Harga Desain Logo untuk tipe A kita kasih harga 1 Juta nih. trus mereka bilang "kasih murah lah sama temen/keluarga sendiri ga usah mahal-mahal..." , ya jawab aja : " ini mah standarnya udah kita turunin kalo dengan orang lain 1,2 jt (padahal harganya emang segitu). lumayanlaah itu udah murah, saya juga ada kebutuhan jadi saling bantu ya ..."
misal dia nawar lagi kita kasih harga terbawah yang udah kita siapkan dong sebelumnya, 800rb misalnya..
Ya udah antara itu aja batas negosiasi kita, kalau turun lagi dari itu, tegasin aja, "mohon maaf harganya ga masuk ... jadi ga saya kerjakan ya.. "
Poinnya kalau nego "JANGAN JATUH-JATUH BANGET".
----------------------------------------------------------------------
Mungkin itu tips dari saya pribadi yang lumayan sering dapet kondisi seperti itu dan itulah yang saya terapkan. Alhamdulillah cukup efektif dan mereka seminimalnya sudah tau harga Standar kita sejauh mana.
Dan perlu diingat, semua hal diatas kembali ke hak kalian masing-masing ya, kalau memang diniatkan Membantu ya lain cerita.

Karena efek dari rasa "Gak Enakan" itu sering kejadian pada diri sendiri, ngerjain proyeknya jadi sungkan, terpaksa , terbeban dan semisalnya.
Yuk belajar untuk lebih profesional pada bisnis yang tengah kita jalankan.
Semoga Bermanfaat
Barakallahu Fiik.
0 comments:
Posting Komentar