Bismillah..
#Sharingtime #Educationtime
KOMUNIKASI YANG BAIK
Siapa yang tidak terkejut dan heran saat tiba-tiba ada yang menghubungi baik itu via telpon maupun chat dari orang yang tidak kita kenal?
Terus tanpa Salam, sekedar menyapa atau memperkenalkan diri terlebih dahulu?
Ini adalah Perbuatan yang Kurang Sopan dan Tidak punya Adab dalam berkomunikasi.
Hal demikian kadang dianggap Remeh dan seakan tidak punya nilai sama sekali oleh sebagian orang.
Ya, kita sadar setiap orang punya kepentingan dan terkadang mendesak, nah... maka ini butuh latihan..
Contoh Sederhana :
Dalam mengirimkan Email, baik itu lamaran kerja atau mengirimkan portofolio atau file serah terima kepada klien, usahakan buatlah kalimat yang baik sebagaimana kita tengah berbicara untuk mengakhirisuatu pembicaraan atau pada saat mengajukan penawaran dan lainnya, memang bedanya ini berupa tulisan tapi berusahalah untuk profesional. Bukan dengan tiba-tiba hanya mengirimkan File tanpa ada bahasan terkait. Ini tidak dibenarkan ya..
Kemudian, dalam kasus lain sering kami jumpai beberapa calon klien dan beberapa desainer yang ingin konsultasi juga lantas tiba-tiba chat atau DM via FB & IG ...
"Bang ini gimana..itu gimana ...kasih tau dong.."
"Bang Cek inbox..!"
atau dalam bahasa lain yang tujuannya langsung menawarkan kerjasama dan lainnya...
✊✊✊ Hal demikian saya tidak pernah balas alias auto reject sekalipun itu menawarkan project logo. lalu kita nasehati saja agar "Maaf biasakan memulai dengan salam, dengan siapa dan dimana dsb...."
Saya pribadi belajar, perkara ini terhadap beberapa klien saya yang mungkin pada waktu itu komunikasi saya kurang baik , maka ditengah proyek ditinggalkan begitu saja, bahkan di blokir.. , dan dulu juga pernah berprilaku bar-bar juga langsung inbox calon klien tapi terkesan maksa.... << Ini Jangan ditiru ya, saya udah tobat dari kekeliruan semacam ini, ini ga Baik untuk brand personal kita.
Sekilas saja mungkin saya bahas dalam tulisan ini ya,
bahasan sederhana tapi dianggap remeh..
bahasan sederhana tapi dianggap tidak punya nilai apa-apa..
Bahasan sederhana tapi ini sebagai akan dianggap sebagain penilaian personal baik itu dari orang lain ataupun kita pribadi.
Maka dari itu Latihan untuk membiasakan diri agar lebih bersikap profesional ya.. jalin komunikasi yang baik..anda sebagai Desainer wajib banget deh mempelajari apa itu copywriting secara umum, untuk memperbaiki bahasa kita secara tertulis khususnya, bagaimana sih membuat kalimat yang Formal, menarik dan sebagainya..
Kemudian himbauan bagi pelanggan / calon klien / desainer itu sendiri ayolah jalin komunikasi yang baik.
Semoga Bermanfaat..
0 comments:
Posting Komentar